Tiga Mitos Tentang Bisnis Terjemahan

Baca juga artikel saya yang lain mengenai peluang bisnis berbasis rumah penghasilan residual untuk anda yang ingin memulai bisnis berbasis rumah dengan penghasilan residual semua informasinya ada disana lengkap dan disajikan secara menarik.

Ada banyak bahasa yang tak terhitung jumlahnya di dunia, yang kebanyakan memiliki ribuan bahkan beberapa milyaran penutur bahasa atau bilingual. Oleh karena itu, undang-undang statistik tampaknya mendikte, bahwa setiap upaya untuk membuat bisnis penerjemahan adalah sia-sia, hanya karena jumlah pesaing potensial sangat besar. Namun, begitu Anda memulai bisnis penerjemahan Anda, Anda akan menyadari bahwa persaingan yang serius - yaitu, dari pesaing dengan ketajaman bisnis dan keberanian untuk mempertanyakan mitos terjemahan - sebenarnya relatif jarang.

Penutur asli umumnya dianggap sebagai otoritas yang tak terbantahkan mengenai masalah penerjemahan. Ini membawa kita pada mitos pertama tentang bisnis penerjemahan: penutur asli adalah infalibel. Ketika Anda memulai bisnis terjemahan Anda sendiri, Anda akan segera menemukan bahwa sebagian besar pelanggan, terutama yang lebih berpengetahuan, akan menuntut penerjemahan dilakukan oleh penutur asli, dengan asumsi bahwa penutur asli secara otomatis adalah penulis yang baik. Tidak begitu. Meskipun mungkin ada lebih dari satu miliar penutur asli bahasa Inggris di seluruh dunia, hanya sebagian kecil dari mereka yang dapat diandalkan untuk memiliki penilaian yang diperlukan untuk memutuskan apakah terjemahan dalam bahasa yang baik dalam konteks bisnis tertentu. Kita seharusnya tidak secara otomatis menganggap bahwa penutur asli adalah penulis yang baik dalam bahasanya sendiri, dan bahkan lebih sedikit lagi bahwa dia adalah penerjemah yang baik. Untuk satu hal, terjemahan membutuhkan wawasan menyeluruh ke bahasa sumber serta bahasa target. Ketika Anda menyewa penerjemah untuk bisnis Anda, Anda tidak boleh lupa bahwa sementara penerjemah yang baik biasanya adalah penutur asli bahasa target, tidak semua penutur asli adalah penerjemah yang baik.

Mitos kedua tentang bisnis penerjemahan ada hubungannya dengan prioritas klien, dan asumsi bahwa lebih dari apa pun, klien menginginkan kualitas. Orang-orang dapat dimaafkan karena menganggap serius mitos ini. Siapa pun yang waras akan berharap bahwa perhatian utama klien saat melibatkan agen terjemahan profesional adalah mendapatkan terjemahan berkualitas tinggi. Tidak begitu. Studi menunjukkan bahwa sebagian besar klien sebenarnya lebih tertarik pada kecepatan daripada kualitas. Ini bukan untuk mengatakan bahwa klien Anda akan senang menerima sampah apa pun selama ia mendapatkannya dengan cepat; Intinya adalah bahwa standar kualitas dalam konteks bisnis berbeda dari standar dalam konteks akademik, dan mungkin dibayangi oleh masalah praktis. Para mahasiswa dilatih untuk mencapai kesempurnaan linguistik, untuk menghasilkan terjemahan yang diformulasikan dalam tata bahasa yang sempurna dan gaya yang luar biasa netral. Namun buah dari pelatihan tersebut mungkin tidak sesuai dengan selera klien bisnis. Bahkan, mungkin ada banyak selera karena ada klien. Seorang pengacara akan mengharapkan Anda pertama dan terutama untuk membangun klausul yang tidak ambigu dan menggunakan legalese yang sesuai; seorang pembuat mesin membutuhkan wawasan teknis dan jargon teknis otentik; dan penerbit majalah minat umum membutuhkan artikel yang hanya dibaca dengan baik. Namun, semua klien cenderung memiliki kesamaan, adalah penghormatan untuk tenggat waktu. Lagi pula, ketika klien asing telah tiba untuk menandatangani kontrak, harus ada sesuatu untuk ditandatangani; ketika sebuah majalah telah diiklankan untuk muncul, itu harus tersedia ketika pasar mengharapkannya. Dalam lingkungan bisnis, banyak pihak yang berbeda dapat terlibat dalam pembuatan dokumen tunggal, yang berarti bahwa penundaan akan menumpuk cepat dan mungkin memiliki konsekuensi keuangan yang serius. Jadi, para pemula harus menyadari bahwa 'kualitas' sama dengan kemampuan beradaptasi terhadap daftar dan jargon klien, dan tenggat waktu yang singkat itu kemungkinan besar akan menarik bisnis sebagai prosedur jaminan kualitas.

Dan jika Anda berhasil menarik bisnis, Anda akan menemukan bahwa industri terjemahan dapat cukup menguntungkan, bahkan untuk permulaan bisnis. Mitos ketiga yang ingin kita tolak adalah bahwa terjemahan pada dasarnya adalah bisnis ad hoc dengan margin yang sangat rendah. Tidak begitu. Berbagai usaha yang sukses dalam beberapa tahun terakhir, misalnya di Belanda dan di Eropa Timur, telah mendustakan citra tradisional penerjemah yang menjauh dari fajar hingga senja di loteng yang terlalu panas dan masih nyaris berhasil memenuhi kebutuhan. Memang benar bahwa proses penerjemahannya sangat padat karya, dan terlepas dari semua upaya komputerisasi, tanda-tandanya adalah pada dasarnya akan tetap menjadi urusan manual selama bertahun-tahun yang akan datang. Namun demikian, jika Anda mampu memberikan terjemahan berkualitas tinggi, yang disesuaikan dengan kebutuhan klien Anda dan dalam tenggat waktu yang ditetapkan, Anda akan menemukan bahwa Anda akan dianggap serius sebagai mitra dan dihargai oleh keuntungan garis bawah yang sangat baik.

Comments

Popular posts from this blog

Bekerja Dari Peluang Penghasilan Rumah

Formula Sukses

Bangunan Situs Web eCommerce: Di mana Saya Mulai?